GEBYAR SEJUTA BUKU SEMARANG 2017

By wardi

Berdasarkan sejumlah data,terungkap bahwa saat ini tingkat literasi masyarakat Indonesia yangdilaksanakan oleh Central Conecticut State University (CCSU), mendapatperingkat 60 dari 61 negara, sementara itu berdasarkan pemeringkatan Programmefor International Student Assessment (PISA) yang dilakukan tiap tiga tahunsekali oleh OECD (Organisatiin for Economic CO-operation and Development) tahun2016 Indonesia menempati peringkat 69 dari 76 negara dengan skor membaca dibawah ratarat 396 dengan kecenderungan meningkat 2,3 poin per-tahun. Biladibandingkan posisi pada tahun 2012 berdasar nilai median, capaian membacasiswa Indonesia meningkat dari 337 poin di tahun 2012 menjadi 350 poin di tahun2015. nilai matematika melonjak 17 poin dari 318 di tahun 2012, menjadi 335poin di tahun 2015. lonjakan tertinggi terlihat pada capaian sains yangmengalami kenaikan dari 327 poin di tahun 2012 menjadi 359 poin di tahun 2016.peningkatan capaian median yang lebih tinggi dari mean ini merupakan indikatoryang baik dari sisi peningkatan akses dan pemerataan kualitas secara inklusif.Sementara ini berdasarkan kajian Perpusnas tahun 2015 mengenai minat bacamasyarakat Indonesia memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia mempunyai minatbaca yang belum optimal dengan skala nilai 25,3 Upaya peningkatan budaya bacamasyarakat pelu dilakukan secara terstuktur, masif , terpadu dan komprehensifdengan berbagai pemangku kepentingan, sebagai salah satu upaya  peningkatan minat baca khsusnya di KotaSemarang Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang dalam rangka Peringatan Hari Pahawan Ke-72, mengadakan kegiatanpameran buku yang dikemas dengan nama Gebyar Sejuta Buku Semarang 2017. Minat baca yang tinggi di Kota Semarang danantusiasme masyarakat untuk berbelanja buku membuat pameran buku ini dapat terselenggara untuk yang ke 20 (dua puluh) kalinya.

 

Pameran kali ini mengangkat tema "Garuda di Dadaku, Membaca Cerdaskan Bangsaku dengan maksud memperluas wawasan dan keilmuan generasi muda sekaranguntuk selalu menanmkan sifat nasionalisamecinta Pancasila serta menimba ilmu pengetahuan di mana saja dan kapan saja diera  dunia yang makinmaju, sehingga harus mempunyai semangat berjuang seperti pejuang – pejuang terdahulu kita, untuk bisamenaklukan masa depan bahkan bisa menciptakan masa depan, tentunya ilmu adalahbekal utama dan ilmu salah satunya bersumber dari buku.Ilmu pengetahuan dan buku seperti sisi mata uang logam, yangtidak bisa dipisahkan. Karena buku merupakan sumber dari sumber ilmupengetahuan yang bisa dipelajari siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Bukusenantiasa memberikan kesegaran dan hal-hal baru. Karena dengan buku kita bisacerdas, dan dengan kecerdasan semua pengetahuan bisa diserap sehingga akanlahir generasi muda yang hebat, tidakgagap menghadapi perubahan dunia yang semakin pesat.

 

Acara ini diikuti oleh 34 (tiga puluh empat) stand pameran dan lebihdari 200 Penerbit Buku Nasional dan menyediakan berbagai buku berkualitas,beragam serta terjangkau oleh masyarakat dengan diskon hingga 75 s/d 87 %. Dengan adanyapameran buku di Gebyar Pesta Semarang Sejuta Buku 2017 ini, harapannya minat kegemaranmembaca di Kota Semarang semakin bertambah dan semakin meningkat, dengan banyakwarga masyarakat yang berkunjung ke Perpustakaan. Hal ini tentunya akanmewujudkan Semarang Kota Perdagangan danJasa Yang Hebat Menuju Masyarakat  SemakinSejahtera, sesuai Visi Kota Semarang

 

TUJUAN

Ø Menggalang kerjasama pelaku bisnis perbukuan dan pasarpotensial untuk memperluas pasar perusahaan pendukung pada wilayah pasar bukuyang selama ini telah terbangun Mendukung kegiatan pengembangan wacanapendidikan dan peningkatan sosialisasi budaya dan minat baca masyarakat  berbagai daerah di Indonesia.

Ø Mendekatkan buku kepada semua lapisan masyarakat Semarangdengan kelengkapan buku dan harga murah.

Ø Menyediakan sarana informasi, transaksi, dan komunikasiantar masyarakat perbukuan dengan masyarakat luas.

Ø Pasar potensial dalam memperluas pasar perusahaanpendukung pada wilayah pasar buku yang selama ini telah di terbangun.

Ø Merangsang dan menggali potensi naskah, penulis,penerbit, toko buku maupun perpustakaan di daerah untuk program pengembanganyang berkelanjutan.

Ø Bentuk kampanye berkesinambungan Gerakan Gemar Membacadan Menulis di Kota Semarang.

TEMPAT DAN WAKTU PAMERAN

        Tanggal                 : 1November - 7 November 2017

        Waktu                         :09.00 – 21.00 WIB

        Tempat                  : Gedung Wanita

        Alamat                   : Jalan Sriwijaya No. 29Semarang

 

PRODUKYANG DIPAMERKAN

1.      BukuAnak dan Remaja, agama,umum, pendidikan, Buku-bukusains, ilmu pengetahuan umum dan teknologi, Buku-bukusejarah, budaya, sosial

2.     Saranapendidikan dan produk yang berkaitan dengan dunia pendidikan

 

PROGRAMACARA PENDUKUNG PAMERAN

A.   Wisata buku yang didukungoleh Dinas Pendidikan Kota Semarang.

B.    Temu Artis, Penulis dan Talkshow

C.    Donor Darah.

D.   Story Telling melalui media Mobil Pintar.

E.    Dan Lomba-lomba antara lain :

-        Mengambar Tingkat SD, Mewarnai Tingkat TK, Lomba Tari Kreasi Jawa,Menyanyi.

 

       

        PESERTA GEBYAR SEJUTA BUKU SEMARANG 2017 ANTARA LAIN:

       

Ø Bukuku Inspirasiku

Ø Oak

Ø Basa-basi

Ø Toko Buku Raja Murah

Ø Mubarokatan Thoyyibah

Ø Nayla Islamic Store

Ø Kondang Obral

Ø Pustaka Barokah

Ø Zikrul Hakim

Ø  Arruz Media

Ø Galang Press

Ø LP3ES

Ø Alvabeth

Ø Solusi

Ø Media Pressindo Group

Ø Diva Press

Ø  Citra Media

Ø Yayasan Obor Indonesia

Ø Mizan Media Utama

Ø Toko Buku Indah

Ø Indliterasi

Ø Gava Media

Ø Buku Pintar

Ø Penerbit Kompas Gramedia Zidas Media

Ø LKIS Pustaka Pelajar

Ø Kanisius Jalasutra

Ø Jelajah Kata

 

        OPENING CEREMONY

  Sebagaimana laporan ketua panitia Pesta Semarang Sejuta Buku, yang di sampaikan Oleh KepalaDinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang, Bapak Bimbong Yogatama SH, dalamacara pembukaan disampaikan  bahwa "Ribuanbuku dari berbagai genre ditawarkan dalam Gebyar Sejuta Buku Semarang 2017, kegiatanini digelar sebagai salah satu rangkaian Hari Pahlawan Ke-72. Pameran dibukasejak Rabu(1/11) dan akan terus berlangsung hingga Selasa(7/11) mendatang diGedung Wanita, Jl. Sriwijaya No. 29. Pengunjung dapat datang dan menikmatiberbagai diskon buku murah  mulai 75hingga 87%. dan dapat memperoleh berbagai genre buku  mulai buku anak, remaja, agama, pendidikan,sejarah, hobi, teknologi, sosial dan budaya yang  berkulitas pada, penyelenggraan yang di mulaipukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Sebanyak 34 stand pameran dan lebih dari 200penerbit buku nasional berpartisipasi dalam Gebyar Pesta Semarang Sejuta Buku2017 ini. Pameran Sejuta Buku Semarang ditahun ini. mengangkat tema Garuda di Dadaku, Membaca! Cerdaskan Bangsaku”,selain memberikan referensi banyak buku dengan hargaterjangkau, pameran tersebut juga memberikan banyak informasi terkait GarudaPancasila kepada masyarakat. pameran ini jugadimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik seperti talk show, bedah buku,donor darah, story telling dan aneka lomba seperti, lomba mewarnai, menggambar,tari kreasi, , dan menyanyi. Diharapkan Gebyar Pesta Semarang Sejuta Buku 2017 inidapat meningkatkan minat dan budaya Gemar Membaca di Kota Semarang. Termasukjuga di dalamnya menambah animo warga untuk berkunjung ke perpustakaan. “Denganmembaca, wawasan dan keilmuan sebagai modal peningkatan kualitas akan semakinkuat, sehingga akan terlahir banyak generasi hebat yang tidak gagap menghadapiperubahan dunia yang semakin pesat,” .

          Gebyar Sejuta Buku Semarang 2017 telah resmidibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Semarang, dalam sambutannya BapakSekretaris Daerah menegaskan bahwa Pemerintah Kota Semarang sangatmengapresiasi dan mendukung acara sejenis untuk mendongkrak minat bacamasyarakat kota Semarang khususnya. Pemerintah menyadari mengajak masyarakatuntuk membaca dan membudayakan kegemaran membaca bukan suatu hal yang mudah,peprpustakaan yang mengalami pertumbuhan di hadapkan pada kompetisi denganberkembang pesatnya media informasi dan komunikasi yang memungkinkan masyarakatmendapatkan informasi dengan mudah, cepat dan instan. Oleh karena itudiperlukan strategi jitu dengan mengadakan berbagai kegiatan untuk mengajak danmenyadarkan masyarakat untuk membaca yang dapat menumbuhkan kegiatan membacaguna mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera

Pameran Buku ini juga diharapakan bisa menjadi arena wisata baca, menjadi tempat sumber informasiyang berguna dalam menulis, melakukan penelitian. Harapannya ke depan adalahdengan kegiatan-kegiatan seperti ini, yang terus dilakukan dengan konsisten danberkesinambungan maka pembudayaan kegemaran membaca dapat lebih cepat mencapaisasaran yang diinginkan yaitu meningkatkan kecerdasan” terang Sekretaris DaerahKota Semarang, diyakininya, masyarakat cerdas dengan membaca dan hal ini InsyaAllah menjadi modal membawa Kota Semarang menjadi semakin hebat, acarapembukaan ditandai dengan simbolisasipelepasan burung merpati sebagai lambang kemerdekaan dan kebebasan dalammenimba ilmu dengan membaca.